Bandara Soetta Bakal Dilengkapi Skytrain


Dalam waktu dekat pengguna jasa Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta) mendapat fasilitas baru, Automated People Mover System (APMS), moda transportasi antar terminal berbasis kereta tanpa pengemudi atau Skytrain.
Dengan adanya skytrain ini penumpang bisa berpindah antarterminal tanpa harus berjalan kaki atau menggunakan kendaraan lainnya. Rencananya Skytrain ini akan dioperasikan pada Juni 2017.

President Director PT Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin menyebutkan, trainset  itu terdiri dari dua kereta dengan kapasitas total menampung 176 orang untuk perpindahan penumpang dari Terminal 2 ke Terminal 3, maupun sebaliknya.

"Skytrain akan beroperasi penuh dengan tiga trainset berkapasitas total 528 orang yang menghubungkan Terminal 1, Terminal 2, Terminal 3, dan integrated building pada Agustus 2017," kata Muhammad Awaluddin seperti dilansir JPNN.com (Jawa Pos Group), Rabu (8/2).

Awaludin mencanangkan, headway dari Skytrain maksimal 5 menit dengan waktu tempuh dari T1, kemudian menuju integrated building, lalu lanjut ke T2 dan T3 ditetapkan 7 menit.

"Bagi penumpang pesawat atau pengunjung bandara bisa dengan mudah melihat informasi jadwal atau waktu kedatangan Skytrain lewat aplikasi Indonesia Airport yang bisa diakses melalui smartphone," tutur Awaluddin.

Adapun nilai investasi Skytrain mencapai Rp 950 miliar, yang terdiri dari investasi pengadaan trainset dan investasi pembangunan infrastruktur. (chi/jpnn/iil/JPG)