Pemandian Air Gangat Tirto Husodo Kota Pacitan



Pacitan memang serba ada, yang terkenal dengan banyaknya potensi alam yang muncul di bumi seribu satu gua sebagai julukan ini. Terdapat banyak Pantai dan Goa di Kota Pacitan. Pantai Klayar, Pantai Srau, Pantai Banyu Tibo, Pantai Watu Karung dan banyak Pantai Lainnya sedangkan untuk Goapacitan memiliki Goa Gong, Goa Tabuhan, Goa Putri serta banyak goa yang lain. Potensi alam yang tak kalah luar biasa lainnya adalah Pemandian air hangat tirta husada. Pemandian air hangat ini terletak di Kecamatan Arjosari, tepatnya di Desa Karangrejo, Kecamatan Arjosari, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur ini Jaraknya sekitar 15 km arah utara dari pusat kota Pacitan.

Pemandian Banyu Anget terletak di bawah lereng bukit batu putih atau gunung kelir. Pemandangan sekitar lereng begitu menawan. Keunggulan Banyu Anget Tirto Husodo, selain panorama alam yang menawan dan mudah dijangkau dengan transportasi darat, air hangatnya berkhasiat untuk kesehatan.

Zat-zat yang terkandung di air pemandian ini mengandung zat kapur dan belerang dengan intensitas rendah. Itu sebabnya Anda tidak merasakan aroma belerang dilokasi ini. Kelebihan lain, airnya jernih dan tidak terasa lengket di badan, karena memang airnya air natural.  Selain digunakan sebagai tempat bersantai, air di pemandian air hangat ini konon katanya juga memiliki khasiat untuk menyembuhkan berbagai penyakit seperti penyakit kulit, rematik, asam urat, darah tinggi dan lain-lain.

Fasilitas yang ada di Pemandian Air hangat terdiri dari permainan anak-anak, 3 kolam renang air panas dewasa, 1 kolam renang air hangat anak-anak,  serta yang menjadi menarik di wisata air hangat kota pacitan ini adalah adanya area spa didalam kawasan wisata. serta kamar mandi air panas  yang cukup banyak dengan fasilitas air panas dan air dingin, ada mushola serta banyak warung-warung makan maupun yang berjualan pakaian dan oleh-oleh khas pacitan, pakaian ganti dan penyewaan ban untuk renang.

Rute ke lokasi air hangat ini berada di jalur Pacitan-Arjosari-Nawangan. Kalau dari Pacitan kota melewati perempatan penceng lalu ikuti jalan arah kecamatan Arjosari. Setelah sampai pasar Arjosari beloklah ke kiri ikuti jalur utama jalan itu, atau arah ke desa Karangrejo maka anda akan sampai di pemandian air hangat yang lokasi parkirnya berada tepat di pinggir jalur utama jalan tersebut.