Pantai Teleng Ria, Wisata Pacitan yang Tak Boleh Terlewatkan untuk Dikunjungi

 
Tentang Pantai Teleng Tia
Pantai Teleng Ria Pacitan merupakan salah satu tempat wisata Kota Pacitan. Sungguh disayangkan jika Anda sampai melewatkan objek wisata pantai Teleng Ria Ketika berada di Pacitan. Tidak hanya mendapati suguhan lanskap pantai yang indah jika dipandang dari perbukitan, pantai Teleng Ria Pacitan ini juga menjadi salah satu tempat bagi para peselancar pemula untuk belajar mengarungi ombak Samudera Hindia.

Secara administratif, Pantai Teleng Ria Pacitan terletak di Desa Teleng, Kelurahan Sidoharjo, Kabupaten Pacitan. Letaknya sungguh dekat dari pusat kota Pacitan. Pantai dengan relief yang relatif landai ini memiliki luas sekitar 40 hektar dengan panjang garis pantai mencapai hingga 2.5 km. Ada sebuah pantai lain yang letaknya bersebelahan dengan pantai Teleng Ria, yaitu pantai Tamperan. Antara keduanya dipisahkan oleh sungai Teleng. Pantai Tamperan ini hanya berfokus pada aktivitas perikanan semata dengan adanya pelabuhan pendaratan pelayan pencari ikan disana. Melimpahnya hasil perikanan di pantai Tamperan adalah juga salah satu hal yang menarik minat wisatawan untuk datang berkunjung ke Pantai Teleng Ria.
. 
Hal Menarik di Pantai Teleng Ria Pacitan
Seperti lazimnya wisata pantai di Indonesia, sejumlah aktivitas menarik yang dapat dilakukan di Pantai Teleng Ria Pacitan, di antaranya berenang, jalan-jalan menyusuri tepian pantai, berjemur, hingga sekedar menikmati panorama pantai. Sebagian pengunjung pantai tak jarang melakukan olahraga di pantai ini, mulai dari jogging, bermain voli pantai, sepakbola, dan bersepeda.

Jika Anda hobi memancing, itu adalah sebuah hal yang sangat memungkinkan untuk dilakukan di pantai Teleng Ria. Bahkan, fasilitas perkemahan juga tersedia bagi organisasi, keluarga, atau sekolah-sekolah yang ingin mengadakan aktivitas berkemah ataupun outbound.

Pantai Teleng Ria Pacitan mencatatkan kunjungan yang paling ramai terutama saat akhir pekan dan masa-masa liburan. Saat memasuki lokasi pantai ini, Anda akan dihadapkan dengan pasir putih kecoklatan serta usapan panas matahari yang tidak begitu menyengat kulit. Anda hanya perlu membayar retribusi parkir kendaraan saja untuk dapat masuk ke kawasan pantai Jawa Timur yang populer ini dan melakukan banyak kegiatan menyenangkan di sana. 
 
Rute Perjalanan ke Pantai Teleng Ria Pacitan
Pantai Teleng Ria adalah pantai yang paling dekat jaraknya dari pusat kota Pacitan di antara pantai lainnya yang ada di Pacitan. Anda hanya perlu menempuh perjalanan selama 10 menit untuk dapat tiba di pantai Teleng Ria ini. 
 
Jika memulai perjalanan dari kota Jogjakarta, maka waktu tempuh perjalanan adalah sekitar 3 jam dengan menyusuri jalan di jalur selatan Pulau Jawa melalui Wonosari. Jika dari Solo, perjalanan akan membutuhkan waktu sekitar 3 jam melalui kota Wonogiri untuk dapat tiba di Pacitan. Sementara bila dari Anda dari kota Surabaya, waktu perjalanan yang dibutuhkan mencapai hingga 6 jam dengan melewati beberapa kota, di antaranya adalah Mojokerto – Jombang – Nganjuk – Madiun – Ponorogo.