Goa Somopuro Kota Pacitan, Goa yang Masih Terpendam dan Masih Alami


Dari deretan goa yang terkenal di kabupaten pacitan, seperti Goa Gong, Goa Tabuhan dan banyak goa lainya, di kecamatan Tulakan ternyata juga memiliki goa, yaitu Goa Somopuro, yang terletak di Desa Bungur, kecamatan Tulakan Kabupaten Pacitan Jawa Timur.  Goa Somopuro ini ditemukan sekitar abad ke 18 masehi. 

Seperti halnya dengan karakteristik goa lainnya di Pacitan, Goa Somopuro memiliki ciri khas yang menarik untuk kita ketahui lebih dalam. Menyusuri sepanjang lorong-lorong goa, Nampak stalagmite dan stalagtit bergelantungan, dengan pahatan alam  eloknya. Inilah salah satu dari banyaknya keunikan pemandangan Goa Somopuro kecamatan Tulakan.

Pemandangan batuan khas goa di Pacitan itu akan semakin lengkap jika terpantulkan cahaya warna warni, maka yang muncul adalah lekukan–lekukan batu besar yang bisa memanjakan mata siapapun yang memandang. Goa Somopuro juga terdapat beberapa sendang yang berasal dari tetesan air dari atap bebatuan goa. Dengan air yang jernih dan masih dingin, sendang–sendang alami ini menambah lengkap fasilitas yang terdapat di goa ini.

Namun karena Goa Ini goa ini belum dibuka untuk umum jadi belum ada penerangan yang secara permanen dipasang di dalam goa, tidak seperti Goa Gong yang didalamnya ada istalasi penerangan didalamnya. Goa Somopuro. Biasanya apabila ada pengunjung yang datang ke Goa Somopuro, pengunjung membawa penerangan sendiri, seperti senter, lilin atau penerangan lainya.