Buah Kolang Kaling, Si Hijau yang Segar dan Banyak Manfaat untuk Kesehatan



Kolang-kaling (buah atap) adalah nama cemilan kenyal berbentuk lonjong dan berwarna putih transparan dan mempunyai rasa yang menyegarkan.  Untuk membuat kolang-kaling, para pengusaha kolang kaling biasanya membakar buah aren sampai hangus, kemudian diambil bijinya untuk direbus selama beberapa jam. Biji yang sudah direbus tersebut kemudian direndam dengan larutan air kapur selama beberapa hari sehingga terfermentasikan.

Dalam setiap 100 gram-nya. Kolang kaling juga mengandung 0,69 gram protein, empat gram karbohidrat, serta kadar abu sekitar satu gram dan serat kasar 0,95 gram. Selain memiliki rasa yang menyegarkan, mengonsumsi kolang kaling juga membantu memperlancar kerja saluran cerna manusia. Apabila seseorang mengalami penyakit radang sendi, cenderung sering mengalami rasa sakit di bagian lututnya apabila sesudah berjalanan beberapa menit atau pada saat menaiki tangga.

Manfaatkan buah atap sebagai obat alaminya. Caranya cukup mudah, yaitu siapkan kolang-kaling, rebuslah tanpa gula atau pewarna dan jangan dijadikan manisan. Setelah direbus dan matang, Anda bisa menggunakannya sebagai camilan. Konsumsi 100 gram sampai 200 gram sehari. Buah kolang kaling didalamnya mengandung karbohidrat galaktomannan sebesar 52,9% yang mampu meredakan sakit atau memberikan efek analgesik. Hal itu akan bisa mengurangi rasa sakit saat radang sendi.

Selain manfaat diatas Kolang kaling mengandung serat kasar sampai 39%. Serat itu akan membantu untuk melancarkan pencernaan tubuh. Serat buah tinggi akan bisa membuat kolang-kaling lama dicerna di dalam perut dan juga menekan nafsu makan serta bisa membuat tubuh lebih lama menyimpan energi. Selain hal itu, serat yang masuk di tubuh akan membuat BAB (buang air besar) lebih teratur sehingga akan membantu mencegah obesitas atau masalah perut lainnya.

Menurut penelitian yang dilakukan, buah atap mengandung kadar gelatin yang cukup tinggi sehingga berfungsi mempercepat rasa kenyang dan menahan nafsu makan. Selanjutnya, kolang kaling sebanyak 100 gram memiliki kandungan karbohidrat 4,0 gram, kadar abu 1 gram, protein 0,69 gram, serat kasar 0,95 gram. Ditambah adanya kandungan air 94%, tentunya selain bisa digunakan sebagai makanan diet, juga terasa segar apabila dikonsumsi.