Pantai Pidakan, Tempat Wisata Baru yang Menyuguhkan Keasrian Alam Pacitan

Terdapat satu dari puluhan pantai yang ada di Pacitan, yang letaknya ada di Kecamatan Tulakan Kabupaten Pacitan yaitu Pantai Pidakan namanya, atau ada juga yang menulis Pidakkan/ Pidak'an atau bahkan ada yang menulis Pantai Pida'an. Pantai yang masih satu spot dengan Pantai Kuncir tersebut tepatnya terletak di dusun Godeg Kulon, Desa Jetak, Kecamatan Tulakan, Pacitan Jawa timur. Berjarak Sekitar 15 Km dari arah Kota KecamatanTulakan, dan sekitar kurang lebih 30 Km kalau dari arah barat pusat kota Pacitan.


Hal yang begitu menonjol dari pantai ini adalah diantara rincian dari material Pantainya 75% yaitu bebatuan alam dan sisanya merupakan pasir putih, sehingga disana terdapat banyak batuan-batuan alam yang kesemuanya dalam berbagai variasi bentuk maupun ukuran, ada yang putih bulat seperti batu kali agak besar-besar yang tersebar di sepanjang pesisir pantai, dan juga seperti pantai-pantai biasanya, di pantai ini juga terdapat pasir putih, tebing dan karang yang akan kita jumpai di sekelilingnya.

Di sarankan lebih baik saat berangkat dari arah barat, anda lewati saja jalan masuk yang pertema dan akan sampai di pantai Pidakan ujung sebelah barat, lalu telusuri sejengkal demi sejengkal bagian-bagian pantai ini sampai ujung timur, dan saat pulang sekalian lewat jalur keluar sebelah timur itu, jadi jalan dua-duanya sama-sama dilalui dan tak ada momen yang terlewatkan.

Sekilas panorama dari pantai ini yang pertama adanya pohon - pohon kelapa banyak tumbuh di pantai pidakan dengan lokasi yang rata dan cukup lapang. Untuk pecinta fotografi lokasi Pantai pidakan ini ideal banget banyak pohon-pohon kelapa dan bebatuan bertebaran di seketar pantai. anda juga dapat melihat bintang laut dan biota laut lainnya seperti bulu babi, landak laut, hingga kepiting bakau, dan juga banyak cangkang-cangkang kerang/molusca lain disini.

Untuk fasilitas yang tersedia di pantai Pidak’an ini masih belum begitkomplit, dan tiket masuk cuma membayar Rp.3000,-/Orang di hari-hari libur. Disini tersedia tempat parkir yg sangat luas dan bisa untuk mendirikan tenda, ada fasilitas kamar mandi umum lumayan bersih, dan biasanya warung makan hanya buka pada siang hari saja.

Pantai dengan pemandangan panorama khas bebatuan, pasir putih, ini mempunyai keindahan pesona pemandangan saat sore hari. Pemandangan saat matahari tenggelam (sunset) memang sangat indah apabila dilihat dari pantai Pidakan ini. Memang jauh sekali berbeda kalau dibandaingkan dengan Pandawa, tapi tidak kalah menarik dengan ciri khas pantai dengan suasana alam yang alami.

Jarak tempuh dari pusat kota akan membutuhkan waktu kurang lebih sekitar 1 jam perjalanan malawati JLS. Didalam sepanjang perjalanan menuju pantai pidakkan, akan disuguhi pemandangan alam yang menekjubkan dari pantai Pidakan.

Tempat wisata yang sering dikunjungi di Pacitan memang terkenal dengan Goa Gong, Pantai Klayar atau Pantai Teleng Ria. Namun tidak ada salahnya kalau mencicipi sebaian besar pantai-pantai dengan sentuhan alam asli, yang belum begitu banyak perubahan. Atau anda yang menginginkan pantai virgin lainya anda bisa coba Pantai Kowang, Pantai Soge, pantai Watu Bale, Pantai Dangkal yang lokasinya berdekatan dengan Pantai Pidakan.